Lanjut ke konten

KODE ETIK PROFESI

Oktober 13, 2012

PENGERTIAN KODE ETIK DAN CONTOHNYA

Kode Etik adalah suatu tatanan etika maupun norma-norma yang telah disepakati oleh suatu kelompok, yang isinya termasuk dalam norma social dan norma hukum.

Kode etik merupakan suatu pola aturan, tata cara, tanda maupun pedoman etis, dalam melakukan suatu kegiatan dan pekerjaan serta suatu pedoman dalam berprilaku yang memiliki tujuan agar para pelaku atau setiap orang memiliki sikap yang professional dan dapat memberikan jasa yang sebaik-baiknya kepada para pemakai jasanya, sehingga dengan adanya Kode Etik dapat menghindari setiap pekerja atau pelaksana besikap tidak professional.

 

Contoh Kode Etik Adalah :

  1. Kode Etik Guru

“ Guru memiliki kewajiban untuk membimbing anak didik seutuhnya dengan tujuan membentuk manusia pembangunan yang pancasila”. Inilah bunyi kode etik guru yang perrtama dengan istilah “bebakti membimbing” yang artinya mengabdi tanpa pamrih dan tidak pandang bulu dengan membantu (tanpa paksaan, manusiawi). Istilah seutuhnya lahir batin, secara fisik dan psikis. Jadi guru harus berupaya dalam membentuk manusia pembangunan pancasila harus seutuhnya tanpa pamrih.

  1. Kode Etik Guru Pembimbing/ Konselor Sekolah

“ Konselor harus menghormati harkat pribadi, integritas dan keyakinan kliennya”. Apabila kode etik itu telah diterapkan maka konselor ketika berhadapan dalam bidang apapun demi lancarnya pendidikan diharapkan memiliki kepercayaan dengan clientnya dan tidak membuat clientnya merasa terseinggung.

Etiskah Mobil dinas dipakai untuk keperluan pribadi ?

Menurut saya sebagai pemakainan mobil dinas untuk keperluan pribadi sangatlah tidak Etis, mengapa demikian karena Mobil dinas sudah jelas diperuntukan hanya untuk keperluan Dinas tidak untuk keperluan hal-hal lain yang bersifat pribadi, karena ini melanggar peraturan Kantor dan jika dilihat oleh karyawan lain juga tidak enak, kecuali dalam pemakainan mobil dinas ini sebelumnya kita meminta izin terlebih dahulu dengan atasan yang bertanggung jawab atas Asset perusahaan tersebut, maka tidak ada salahnya kita memakai. Intinya semua itu akan terlihat Etis jika kita melakukannya dengan Prosedur yang baik.

 

Sumber :

wikipedia.com

http://pakgalih.wordpress.com

About these ads

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: